10 Cara Tidur Nyenyak

Selasa, 28 Oktober 2014 - 17:01 WIB
10 Cara Tidur Nyenyak
10 Cara Tidur Nyenyak
A A A
JAKARTA - Rutinitas yang padat dan stres karena pekerjaan sering kali membuat orang menderita gangguan tidur. Banyak yang kemudian kurang tidur atau susah tidur sama sekali. Tak pelak, badan pun terasa letih dan selalu merasa kurang segar.

Seperti diet dan olahraga yang memang perlu untuk menjaga kesehatan, tidur juga diperlukan untuk memastikan tubuh kita bisa beristirahat dan bugar kembali. Jadi bagaimana bisa tidur dengan nyenyak?

1. Tidurlah pada waktu yang telah ditentukan: penting untuk bisa tidur pada jam yang telah ditentukan. Ini tidak berarti kita tidur pada jam sama tiap hari, tapi tidur pada periode waktu itu. Pastikan bahwa Anda mematuhinya dengan benar.

2. Jangan tidur tepat setelah makan malam: pergilah tidur setidaknya dua jam setelah makan malam. Ada peluang Anda akan tetap terjaga kalau perut Anda kenyang sebelum tidur.

3. Cuci muka dan kaki: bukan hanya anak kecil saja yang harus cuci tangan dan kaki sebelum tidur, membasuh tubuh Anda pun juga baik dilakukan sebelum tidur karena ini membuat rileks. Jika sempat, Anda bisa mandi tapi jika tidak, cuci muka dan kaki pun sudah cukup.

4. Bangun pada jam yang sama: sama seperti ketika Anda tidur pada jam yang sama, Anda juga harus bangun pada jam yang sama tiap hari. Jika Anda tidur nyenyak, maka Anda tidak butuh alarm untuk membangunkan Anda pada jam yang sama tiap hari. Usahakan mempertahankan ini pada akhir pekan.

5. Olahraga di malam hari: meskipun ada saran untuk memulai hari Anda dengan berolahrahga, maka tak ada salahnya juga berolahraga di malam hari. Dengan cara ini, Anda bisa menyingkirkan stres pada siang hari dan membakar kalori. Berolahraga akan membuat Anda lelah dan juga memastikan Anda bisa tidur nyenyak.

6. Jangan membawa buku ke ranjang: Banyak orang yang memiliki kebiasaan membaca sebelum tidur. Tapi, kebiasaan ini bisa membuat Anda terjaga lebih lama dari yang diinginkan. Selesaikan membaca di kursi atau sofa dan jangan membawa buku ke ranjang.

7. Matikan lampu: tidur dengan kondisi tanpa cahaya membantu kita tidur dengan lebih baik. Jika Anda memang tak bisa tidur tanpa lampu menyala, maka hentikan kebiasaan ini. Anda bisa menyalakan lampu di ruang lain ketika Anda tidur.

8. Jauhkan suara bising: hindari memutar musik di ranjang ketika Anda tidur. Selain mengganggu tidur, mendengarkan musik ketika di atas ranjang juga merupakan praktik yang tidak sehat.

9. Rapikan ranjang: barang-barang di atas ranjang juga bertanggung jawab terhadap kualitas tidur. Yakinkan kalau kasur Anda nyaman dan semua yang dibutuhkan ada, seperti bantal, sprei dan selimut. Benda lainnya harus disingkirkan.

10. Hindari kafein: ikuti diet yang sehat dan pastikan Anda tidak mengonsumsi kafein yang cenderung mengacaukan siklus tidur Anda.
(alv)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5017 seconds (0.1#10.140)